Simak 6 Penyebab Kulit Kering Bikin Gak Nyaman Seharian

Bagi anda yang memiliki model kulit kering, anda boleh jadi sering mengeluhkan permasalahan kulit gatal, pecah-pecah, serta mudah terbeset. hal ini bisa terjadi pada bagian badan mana aja, tetapi seringnya di bagian wajah, kaki, tangan, serta area perut. Walaupun enggak rawan, permasalahan kulit yang satu ini tentu aja mengganggu penampilan. Anda dapat mengunjungi website sehatq.com untuk informasi yang lebih lengkap mengenai permasalah kulit, masalah pada kulit tentu saja membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Sebelum mencari jalan keluarnya, ada baiknya anda cari tau dulu penyebab kulit kering berikut ini.


Apa aja penyebab kulit kering? 
Berikut ini penyebab kulit kering yang boleh jadi terjadi pada diri anda.

1. Penyakit kulit
Penyebab kulit kering pada orang dewasa sering kali dimulai dengan eksim yang berkembang di usia anak-anak. selain itu, penyakit kulit lainnya seperti psoriasis juga memberi dampak yang seperti.

2. Obat jerawat serta retinol 
Biar cukup efektif mengatasi jerawat, krim ataupun salep yang mengandung retinol, asam glikolat, asam salisilat, serta benzoil peroksida dapat membuat kulit anda jadi kering serta mengelupas.

Bahan kimia itu bekerja dengan membunuh kuman penyebab jerawat, tetapi pada ketika yang berbarengan juga menghilangkan kelebihan minyak di kulit. Jadi, wajar aja bila wajah anda cenderung kering serta mengelupas.

3. Keseringan cuci tangan 
Rutinitas cuci tangan memang bagus untuk membunuh bakteri serta menghindari kontaminasi silang. akan tapi bila dijalani terlalu sering, minyak wajarah kulit akan turut pudar serta membuat tangan anda terasa kering.

4. Salah memakai sabun 
Sabun yang biasa anda memakai ternyata dapat jadi dalang penyebab kulit kering, loh. Coba terlalui di kemasannya, apakah mengandung surfaktan ataupun enggak?

Kebanyakan sabun mengandung surfaktan, ialah senyawa kimia golongan keras yang ada pH basa. biar bisa membersihkan kulit, isi surfaktan ini juga bisa menghilangkan minyak wajarah dalam kulit. sedemisemakin itu kata Joshua Zeichner, MD, ketua kosmetik serta riset klinis di aspek dermatologi di Mount Sinai Hospital, pada Reader’s Digest.

5. Suhu panas 
Paparan suhu panas yang terlalu lama adalah penyebab kulit kering yang setidaknya biasa. Ini enggak cuma karna kelamaan berjemur ataupun berkegiatan di bawah terlalu matahari, tetapi termasuk juga paparan suhu panas dari kompor, pemanas ruangan, ataupun mandi air panas biarpun.

Suhu panas serta kering bisa menguapkan cairan dalam kulit alhasil mendatangkannya dehidrasi. lebih-lebih bila ini enggak lekas ditangani dengan banyak minum air putih, sehingga kulit anda nyata aja akan semakin kering.

6. Kurang minum air putih 
Coba selidik lagi, berapa banyak air putih yang telah anda minum hari ini? bila kurang dari 8 cangkir masing-masing hari, sehingga inilah penyebab kulit kering yang boleh jadi anda wajarah.

Badan membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk melindungi kelembapan kulit. semakin sedikit air putih yang anda minum, sehingga kulit anda juga juga akan semakin kering.

Lebih-lebih untuk anda yang telah dewasa 40 tahun ke berdasarkan, elastisitas kulit akan menurun alhasil kulit jadi lebih pipih serta kering.

Gimana cara mengatasi Kulit Kering? 
Kulit kering sebenarnya dapat ditangani dengan cara yang biasa, akan tetapi membutuhkan tetapsi. Salah satu caranya ialah dengan mengganti frekuensi serta lama mandi. bila anda mengalami kulit kering, tetap jaga kebersihan badan, akan tetapi lakukan secukupnya, jadi janganlah terlalu sering.

Selain itu, usahakan durasi mandi enggak lebih dari 10 menit serta enggak kurang dari 5 menit. Bila anda mengalami kulit kering yang disebabkan oleh peradangan, seperti eksim ataupun dermatitis, dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kulit.

Pastikan memakai sabun yang mengandung pelembap untuk melindungi biar kulit tetap nyaman. Bila harus, cepat pakailah pelembap sehabis mandi. Pakailah handuk lembut untuk mengeringkan tubuh serta janganlah menggosok kulit dengan peranti yang keras sehabis mandi. Di sisi itu, hindarilah paparan sinar matahari dengan cara langsung dalam durasi lama serta cukupi kebutuhan cairan tiap hari, kurang lebih sebanyak 2 sampai 3 liter satu hari.